Friday, July 6, 2012

Muamba Sempat Mati 78 Menit

Pemain Bolton Wanderers Fabrice Muamba mengalami kemajuan kepulihan kehidupannya, setelah sempat “mati” selama 78 menit akibat mendapat serangan jantung pada babak perempat final kompetisi Piala FA, demikian kata dokter seperti dilaporkan Reuters, Rabu.

Dokter klub Liga Utama Inggris itu, Jonathan Tobin, mengatakan kepada BBC bahwa pemain berusia 23 tahun itu mendapat bantuan alat kejut ke dadanya sebanyak 15 kali, satu jam setelah ia semaput di lapangan saat timnya melawan Tottenham Hotspur.

“Kami amat mengkhawatirkan kejadian buruk itu dan kami berpikir tidak akan mendapatkan hal baik yang kami inginkan. Situasinya amat mengkhawatirkan,” katanya.

“Selang waktu adalah 48 menit dari ia pingsan sampai ke rumah sakit, kemudian 30 menit setelah itu. Ia dalam kondisi mati ketika itu,” katanya.

Tobin mengatakan, ia pergi ke koridor rumah sakit dan menangis ketika situasi amat kacau saat Muamba baru tiba di London Chest Hospital.

Pada Selasa petang, pemain tengah itu mulai membaik dan mengatakan kepada Tobin bahwa ia merasa semakin baik.

“Saya menjenguk Fabrice semalam. Saya masuk ke ruangannya dan ia berkata `hai, dok`,” seperti dikutip televisi Sky, “kemudian saya bertanya bagaimana keadaanmu dan ia menjawab `baik`,” katanya.

Andrew Deaner, konsultan radiologis di rumah sakit London yang berada di White Hart Lane sebagai penonton dan berlari ke lapangan membantu pemain itu, mengatakan ia juga takjub dengan kemajuan kesehatan Muamba.

“Bila saya menggunakan ucapan keajaiban, itu mungkin dapat diterapkan kepada pemain itu. Ia mengalami kemajuan kesehatan menakjubkan,” katanya kepada BBC.

“Dua jam setelah ia mendapatkan kembali kesadarannya, saya berbisik ke telinganya, `Siapa namamu?` dan ia menjawab “Fabrice Muamba`. Saya mendengar kamu seorang pemain hebat dan ia menjawab `saya akan coba`. Saya sampai berlinang air mata,” kata dokter itu.

Deaner mengatakan, hidup Muamba saat ini tidak lagi dalam bahaya tetapi terlalu cepat untuk mengatakan apakah ia masih dapat lagi bermain di lapangan.

Sam Mohiddin, pakar jantung yang merawat Muamba mengatakan bawa “kehidupan normal masih dalam spektrum kemungkinan.”

Pertandingan melawan Tottenham dihentikan ketika kedudukan imbang 1-1 dan berlangsung setengah jam. Laga akan dijadwalkan kembali pada Selasa depan.

Koran Sun melansir ucapan teman keluarga pemain itu melaporkan,

Muamba bertanya siapa yang menang dalam pertandingan itu, ketika ia mulai siuman.

“Dikatakan kepadanya bahwa pertandingan dihentikan ketika kedudukan 1-1,” kata Aime Esalo, sembari melanjutkan, “Fabrice bertanya mengapa pertandingan dihentikan dan ayahnya mengatakan, `karena kau`,” katanya.

No comments:

Post a Comment