Thursday, November 15, 2012

Sunderland vs Newcastle 1-1: Berkat Own Goal Demba Ba

Pertandingan bertajuk Tyne-Wear Derby antara Sunderland vs Newcastle United di Stadium of Light, Minggu (21/10/2012), akhirnya berkesudahan dengan skor 1-1. Hasil satu angka yang diraih Sunderland tak lepas dari gol bunuh diri Demba Ba lima menit jelang bubaran.

Fans tuan rumah sudah terdiam di menit ketiga kala Newcastle mampu unggul lebih dulu. Sepakan Demba Ba sukses ditahan oleh Simon Mignolet, namun bola muntah langsung disambar Yohan Cabaye untuk membawa Newcastle unggul 0-1.

Selanjutnya Sunderland mampu menguasai jalannya laga. Tendangan bebas Sebastian Larsson di menit 17 masih mampu ditahan oleh Tim Krul.

Newcastle ketiban sial di menit 25 saat mereka harus bermain dengan 10 orang. Ayunan kaki yang terlalu tinggi dari Cheick Tiote telak mengenai betis dari Steven Fletcher. Wasit Martin Atkinson tak punya pilihan lain selain memberi kartu merah pada Tiote.

Sunderland pun semakin leluasa menggempur pertahanan Newcastle. Dua peluang mereka dapat dari Adam Johnson dan tendangan bebas Craig Gardner, namun masih gagal.

Sebelum babak pertama berakhir, tim tamu berpeluang menambah gol saat sepakan akrobatik Ba masih melambung tipis diatas gawang Mignolet.

Tiga menit paruh kedua berjalan, Ba kembali mengancam gawang Mignolet. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih membentur kaki pemain bertahan Sunderland sehingga Mignolet dengan mudah menggapai bola.

Meski melawan tim dengan kekuatan hanya 10 orang, Sunderland tetap kesulitan menembus pertahanan kokoh Newcastle yang digalang Fabricio Coloccini dan Mike Williamson. Opsi memasukkan Louis Saha juga tak terlalu banyak membantu.

Newcastle justru nyaris mencetak gol kedua di menit 74. Umpan panjang Cabaye mampu dikontrol dengan baik oleh Ba untuk selanjutnya melewati hadangan John O'Shea. Sayang sebelum menembak bola, Ba kehilangan keseimbangan dan gagal memaksimalkan peluang tersebut.

Kegigihan skuad Sunderland untuk mencari gol penyama terbayar di menit 85. Ironisnya, gol tercipta atas nama Demba Ba dimana bola tak sengaja mengenai dirinya saat dieksekusi oleh John O'Shea.

Peluang apik terakhir dari tuan rumah hadir dari James McClean saat sepakan jarak jauhnya hanya berakhir tipis di kanan gawang Krul.

Data Pertandingan:

Sunderland 1-1 Newcastle (Ba 85'-og / Cabaye 3')

Sunderland

Newcastle United

No.

Player

YC

RC

No.

Player

YC

RC

22. Simon Mignolet 1. Tim Krul
8. Craig Gardner 5. Danny Simpson
24. Carlos Cuellar 6. Mike Williamson 84′
16. John O'Shea 2. Fabricio Coloccini (80′) 68′
3. Danny Rose 3. Davide Santon
14. Jack Colback 24. Cheick Tiote 25′
7. Sebastian Larsson 4. Yohan Cabaye 86′
23. James McClean 18. Jonas Gutierrez
21. Adam Johnson (83′) 10. Hatem Ben Arfa (84′)
28. Stephane Sessegnon (65′) 19. Demba Ba
26. Steven Fletcher 23. Shola Ameobi (39′) 25′

Substitutes

Substitutes

20. Kieren Westwood 37. Steve Harper
2. Phil Bardsley 14. James Perch (39′)
12. Matt Kilgallon 27. Steven Taylor (80′)
15. David Vaughan (83′) 8. Vurnon Anita
18. David Meyler 31. Shane Ferguson
9. Fraizer Campbell 25. Gabriel Obertan (84′)
25. Louis Saha (65′) 9. Papiss Cisse

Manager

Manager

Martin O'Neill Alan Pardew
Referee
Martin Atkinson

No comments:

Post a Comment